Pleci/Kacamata

BURUNG PLECI

Kacamata biasa (Zosterops palpebrosus) adalah nama sejenis burung kecil dari suku Zosteropidae, bangsa Passeriformes (burung petengger). Burung ini merupakan penetap di hutan-hutan terbuka di kawasan Asia tropis, mulai dari India ke timur hingga Cina dan Indonesia. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Oriental White-eye.

Burung kecil yang lincah, dengan panjang tubuh (dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 10–11 cm. Sisi atas tubuh tertutup bulu-bulu kehijauan atau hijau kekuningan (hijau zaitun), sedangkan sisi bawahnya sedikit bervariasi bergantung rasnya, kecuali leher dan dadanya yang berwarna kuning terang. Sayapnya membundar dan kaki-kakinya kuat.

Nama-namanya (“kacamata”, white-eye) merujuk pada lingkaran bulu-bulu kecil berwarna putih di sekeliling matanya. Nama marganya berasal dari kata Yunani zosterops, yang berarti ”sabuk mata”.

Gemar berkelompok, burung ini kerap membentuk gerombolan besar yang bergerak bersama di antara tajuk pepohonan; bahkan sering juga bercampur dengan spesies lain seperti burung sepah (Pericrocotus). Meskipun utamanya burung kacamata bersifat pemakan serangga, namun ia pun memakan nektar dan aneka jenis buah. Sembari mencari mangsanya di sela-sela dedaunan, burung ini terus bergerak dari satu ranting ke lain ranting, dan kemudian berpindah ke lain pohon yang berdekatan, sambil terus mengeluarkan suara berkeciap tinggi setiap beberapa saat sekali untuk berkomunikasi dengan anggota kelompok yang lainnya.

Di Jawa, burung ini tercatat bertelur mulai dari Januari hingga Oktober. Telur berjumlah kurang lebih tiga (2–5) butir berwarna biru pucat, diletakkan pada sarang berupa cawan kecil yang khas bentuknya. Sarang ini terbuat dari akar-akaran, tangkai dan tulang daun, dan bahan-bahan tumbuhan lainnya, serta dihiasi dengan lumut. Sarang diletakkan di percabangan ranting atau rumpun bambu, sekitar 2–4 m di atas tanah.

Beberapa Jenis Pleci Yang Saat ini Di Gemari Kicau Mania

Antara Auriventer, Buxtoni dan Montanus

Antara Auriventer, Buxton dan Montanus

Ketiga jenis pleci tersebut secara fisik memiliki kemiripan terutama pada warna putih/abu2 serta garis/strip kuning di bagian Dada.

 1. A U R I V E N T E R

Nama Populer : Mata Puteh, Auri, Auriventer

Ciri-ciri Khusus: Kacamata Tebal, bola mata warna coklat/gelap, suara ngebass.

Video : http://www.youtube.com/watch?v=SAi79vPAD5Y

 

Tubuh bagian atas hijau zaitun. Perut keputih-putihan atau abu-abu. Tenggorokan kuning. Tungging kuning. Kacamata putih tebal . Terdapat garis tegas ataupun semburat kuning pada perut. Iris Coklat, paruh hitam, kaki hitam. Menurut Hume (1878), habitatnya berasal dari : Ujung paling selatan Myanmar (Sungai Tenasserim), Pantai barat Thailand bagian selatan, Semenanjung Malaysia bagian barat dan tenggara (termasuk kepulauan Ra, Libong, Pinang, Kelompok muara Kelang dan Pulau Pisang di ujung pantai barat, dan pantai timur Tioman), Singapura, wilayah berpantai di timur Sumatra, kepulauan Riau (Kundur), Pulau Bangka, Kepulauan Natuna bagian selatan dan Kalimantan (Sarawak bagian barat, Brunei). (www.kutilang.or.id)

 2. B U X T O N I

 

Nama Populer: Buxtoni, Buxto, dll

Ciri-ciri yang menonjol : Garis Kuning di dada tebal atau juga lebar, suara nyaring sperti pleci dakun.

Video : http://www.youtube.com/watch?v=VH8mx1Ga6SU

 

Tubuh bagian atas hijau zaitun. Perut keputih-putihan atau abu-abu. Tenggorokan kuning. Tungging kuning. Kacamata putih jelas. Terdapat garis tegas ataupun semburat kuning pada perut. Iris Coklat, paruh hitam, kaki hitam.Menurut Nicholson (1879) daerah persebarannya di Perbukitan di Sumatera, dan ujung paling Barat Pulau Jawa (Bantam dan Bogor).

 

 

3. M O N T A N U S

 

Nama Populer : Monti, Montanus, Pleci Gunung, Pleci Super, dll

Ciri-ciri yang menonjol : Bola Mata berwarna putih/abu-abu, postur lebih paling besar diantara dua lainnya, suara serak keras (Rocker)

Video : http://www.youtube.com/watch?v=fwxpSZwwT-c

 

Postur berukuran (11 cm). Tubuh bagian atas hijau zaitun. Perut keputih-putihan atau abu-abu. Sisi tubuh dekat paha berwarna kecoklatan. Tenggorokan kuning. Tungging kuning. Lingkaran mata putih jelas. Pada sebagian Montanus terdapat semburat kuning pada perut. Iris putih, paruh hitam, kaki hitam. Hidup di Hutan pegunungan.Tersebar pada ketinggian 900-3.000 m dpl.

Penyebaran di Filipina, Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara.

(www.kicaupalembang.com)

TIPS : Cara merawat burung Pleci Kacamata

Cara pemeliharaan burung pleci termasuk yang paling mudah. Makanan kesukaannya adalah pisang kepok, pepaya, apel, pir, tomat, dan buah lainnya.

Untuk perawatan  harian cukup berikan pisang kepok,  karena tidak gampang busuk dibanding buah lainnya. 1 pisang kepok biasanya habis 2 hari, maklum burungnya kan kecil, jauh lebih kecil dari pisang yg dia makan..

Jadi menurut saya perawatan burung ini paling gampang dan santai, apalagi jika disediakan juga voer pakan dlm kandangnya. Amaan deh!

Cukup 2hari sekali ganti pakan (kalau pisang kepoknya gede loh ya). Tapi untuk minumnya usahakan diganti setiap hari dan berikan tempat minum yang agak besar karena burung ini paling suka mandi dicepuk minumnya. Jadi pasti banyak air minumnya yang terbuang untuk mandi.

*untuk makan hariannya saya biasa kasih pisang kepok karena lbh awet tdk gampang busuk, juga lebih praktis. Kotorannya jg tidak bau, menggumpal mudah dibersihkan.  Kalau pakan pepaya kotorannya encer berantakan kemana2 (lebih baik ga usah di kasih pepaya, karena pepaya membuat pleci jadi lemes).

*Supaya sehat seminggu sekali kasih juga buah lainnya bisa  apel/buah pir dia juga suka.

Setiap pagi pleci di mandikan dengan semprot sprayer halus saja/sekedar basah tidak sampai kuyup, karena pleci akan mandi sendiri di cepuk minum. Jadi ingat berikan cepuk minum yang agak besar supaya dia bisa berendam, kalau cepuk yg ukuran kecil seringkali dia terjepit nggak bisa keluar and akhirnya koit.

Periksa makanannya, ganti minumnya.Tiap hari  beri kroto sedikiiit aja, ulat kandang / hongkong  juga boleh sedikit aja. Soalnya di alam liarnya  burung ini  juga doyan serangga kecil2. Juga tidak lupa berikan madu dlm cepuk kecil, karena burung ini juga pemakan nektar.

Bersihkan kandang.

Setelah diangin2kan pleci dijemur kira kira jam 7 sampe 10  (tergantung cuaca). Usahakan tdk melihat pleci lainnya, kalau memang terpaksa/tempat terbatas jemur dgn jarak berjauhan maksimal. Pasti rame saut-sahutan. Kalau terlalu dekat jemurnya teriaknya biasanya tdk ngotot.

Selesai jemur angin2kan ditempat teduh dulu trus krodong masukan ke rumah/tempat teduh. Kalau banyak burung gacor dirumah pasti semua bakal direkam/ditiru. Kalau gak ada burung lain ya setel aja suara masteran burung. Dijamin sebentar sj di tiru2 deh suara masteran/burung lainnya.

Sore biasanya jam 3 keluarkan burung semprot lg halus sj. Angin2kan lalu jemur lagi sampai jam 4-5 sore.

Selesai jemur angin2kan sebentar tambah air minumnya trus krodong lagi.

*kalau burung pleci kacamata dipelihara dgn tujuan untuk dinikmati suaranya setelah mandi jemur dan dimasukan dlm rumah tidak perlu dikerodong. Malam biasanya suka mandi lagi dicepuk minum, setelah itu biasanya suka ngoceh2 lg semaunya.

NASIB BURUNG PLECI DALAM DUNIA KICAU MANIA

Saat ini burung pleci masih dipandang sebelah mata oleh sebagian penggemar kicau mania Indonesia, padahal diluar negri di china, singapura, malaysia, burung ini terkenal dngan nama MATA PUTEH dan sdh dilombakan secara profesional, orang singapura mndapatkan burung ini dari malaysia, dan orang malaysia mndatangkan burung ini dari P. LOMBOK untuk kemudian dijual dengan harga yg berlipat lipat di singapura dan diberi nama burung mata puteh ( jngan sampai burung indonesia nanti nya di klaim oleh negara lain) Dngan hrg bahan cuma sekitar rp 5rb – 10rban kalo dirawat dan  disertai pemasteran yg baik, bukan tdk mungkin akan menjadi jutaan. Saat ini sdh ada para PLECI MANIA yg aktiv mngadakan lomba pleci profesional di kelas campuran, bukan tdk mungkin suatu saat mnyusul lomba kelas cucak jenggot yg dulu juga di pandang sebelah mata…

Sumber dan Info Mengenai Pleci : http://dokumenpcmi.wordpress.com/

4 Balasan ke Pleci/Kacamata

  1. handoko berkata:

    Saya punya pleci,tp kepalany brwrna item,sy dpt dari malang,itu pleci mana y om,suarany lbh kras drpda plci jnis lainya.

    • Rizal CBC berkata:

      Pleci topi hitam, atau sering disebut plecimania sebagai black-cap, terdiri atas dua subspesies / ras, dengan wilayah persebaran sebagai berikut : Zosterops atricapilla viridicatus : wilayah persebaran di Pegunungan Leuser Aceh dan kawasan Brastagi, Sumatera Utara.
      Zosterops atricapilla atricapilla : persebarannya meliputi wilayah selatan dan tengah Sumatera, serta wilayah utara, timurlaut, dan tenggara Kalimantan, khususnya di kawasan Gunung Kinabalu, Gunung Mulu, Gunung Batu Patap, Gunung Ulu Sabai, Gunung Tutoh, wilaha bawah Kayan, dan Pegunungan Meratus.

      • dnd.handoko@yahoo.co.id berkata:

        Tanks infony om..slm kicau mania,sukses selalu ,wslam
        Powered by Telkomsel BlackBerry®

  2. agus berkata:

    om sya pnya PC dri sodara,aneh’y PC tu trdpt 3 grs hitm d ats kepala,nma’y PC apa ya om?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s